Selasa, 20 Maret 2012

teknik kiper futsal

TIPS PENALTY

Membaca Penendang
1.Perhatikan mata penendang,
biasanya mata mereka sekilas menuju arah yang dia inginkan.
2.Perhatikan Ancang2
tiang jauh atau tengah-tengah?ancang2 menendang jauh biasanya panjang, sedangkan ancang2 pendek sebaliknya.
3.perhatikan pantat dan kaki2 lawan, biasanya ada petunjuk lebih condong kemana ketika menetukan arah bola.
4.Perhatikan kepala
jika kepala menunduk dengan ancang2 kuat biasanya mengarah pada arah ujung kaki.jika kepala tegak dan menatap pada arah gawang, berarti dia menendang pada sudut yang berlawanan.

jangan bereaksi terlalu cepat, gunakan petunjuk2 diatas untuk membaca bola.tunggu sepersekian detik untuk memperhatikan tanda2 tsb muncul.
kadang kiper hanya membaca arah mata,padahal pantat dan kaki menunjukkan sebaliknya.

Quote:
Kebiasaaan Penendang

Penelitian pada Penalty 1998 World Cup menunjukkan hampir 70% penendang pinalti menendang berlawanan dari arah kaki dominan mereka (dominan kanan menendang ke kiri,etc) karena putaran badan ke kaki lebih stabil dibandingkan sebaliknya yg dapat m This is the natural swing of the foot across the body; it is difficult to enyebabkan tendangan melenceng jauh.

1.dive in:
menebak arah bola rendah dengan menjatuhkan diri

2.rushing:
ketika bola ditendang , kiper maju menyambut bola

3.standground:
tetap digaris goal dengan sikap shot stopping
tips sebelum penalty:
Posisi Penalti
Mungkin aku teringat Santiago Canizares ketika Valencia VS Muenchen Final LC tahun 2000an
Dia mendeterminasi penendang dgn cara didekati(kayak 2 petinju mau tanding) kalo lo punya muka sangar bisa dicoba...atau tiap kali bola ditaruh di titik pinalti diubah/protes aja, bilang aja geser,ga pass. mungkin konsennya terganggu.
Kemudian Tangan Direntangkan agar seolah2 menutupi gawang(kalo kamu punya badan besar).

Taktik One On One di Futsal:

Kapan waktu yang tepat bergerak/bereaksi?
timingnya akan lebih mudah jika positioning kita sudah tepat,kadang2 kita kasper bertanya pada diri kita sendiri, kapan waktu yg tepat?seharusnya bgm teknik one on one saya yg tepat untuk digunakan... berlaku untuk semua situasi.

adapun hal-hal yang dapat diperhatikan adalah:
1.jumlah dan lokasi defender kita di area penalty
2.jumlah dan lokasi penyerang lawan di area penalty


dari pengalaman nubie, moment ketika pnyerang merasa mendapat ruang, saat itu kita memutuskan dengan mantab dan percaya diri.untuk menggunakan teknik apa,dan jangan sampai ragu2 yang menyebabkan salah langkah/ posisi mati kutu:

Rushing:
when
one on one dan ada jarak cukup untuk rushing didalam penalty area

Closing/Pressing:
when
how
posisi M dan mendekati lawan dengan perlahan dan beraksi ketika bola telah ditendang

Intercept:
when
di CA lwn, dengan minim pemain rekan di daerah pertahanan
how
menebak dan mengganggu arah laju bola ketika passing atau dashing oleh pemain lawan

Dragon bait:
kayak casiials one on one dg robben ketika di wc 2010, casilla pura2 tertipu kekanan padahal kakinya memblok bola dari robben

shoot my bellow:

when
berhadapan dengan bukan powerfull shotter
how
dengan sikap m mendeat perlahan dan membiarkan kolong kaki terbuka lebar, tetapi tangan sudah disiapkan dibalik punggung untuk menutup ketika bola di shoot

come to papa:
when
ada jarak untuk rushing
how
menyerahkan badan untuk di mempersempit dan memblok tendangan

Tips Corner:
Tips Corner:

1.Posisikan kiper di tiang dekat.posisi condong ke arah datangnya bola.memudahkan untuk memotong bola dan mengantisipasi bola rendah yang kiper sulit untuk memotong.
Untuk bola yang diarahkan ketiang jauh,ikuti alur gerakan bola, potong atau biarkan atau bersiap untuk tembakan dari sisi jauh.komunikasikan pada defender untuk wajib mengkover area ini.sama seperti defender tiang dekat.nubie lebih sering menjaga tiang dekat daripada tiang jauh

2.Langkah terakhir yang lebar. ketika kiper "takeoff" untuk merebut bola atas, diperlukan daya pegas dari langkah yang lebar(bukan berarti ancang2 yang panjang). dari langkah terakhir mereka untuk loncat setinggi2nya. contoh langkah lebar adalah ketika langkah akhir para atlet lompat galah/lompat jauh
kemudian mempunyai 2 pilihan jika ingin memotong bola:

2 pilihan:
a.meninju
+jangakuan lebih tinggi
-jika kekuatan kurang,bola bisa jatuh didekat lawan.

b.menangkap
+bola lebih aman
-jangkauan ketinggian kurang

FreeKick Dalam Futsal:

membentuk pagar/tembok pertahanan
1.komunikasikan agar salah satu pemain mengambil bola agar tidak terjadi quick restart/freekick yg pemain kita belum siap
2.salah satu pemain harus mempunyai peran dari awal sbg "anchor" yaitu pemain ter-ujung/terluar/terjauh dari kiper atau tiang dekat dari area freekick, mereka harus mengangkat tangan dan melakukan kontak mata dengan kiper
3.kiper menjaga area tembakan yang tidak terkover pagar
4.pilih skema pertahanan dibawah,semakin extreme sudutnya semakin kecil temboknya

1.man to man mark
what
masing-masing pemain menjaga 1 orang pemain lawan,
pemain yang tersisa membentuk pagar

when
ketika indirect freekick dilakukan
summary
+ dapat mempress lawan jika ingin membangun serangan dari freekick
- jika tendangan pemain lawan keras, menyentuh sedikit saja pemain dan masuk ke gawang dinyatakan goal

2.greatwall
what
semua pemain termasuk kiper membentuk pagar

when
ketika indirect freekick pada garis daerah penalty atau direct freekick
summary
+jika tendangan pemain lawan keras dan ditujukan langsung ke gawang,
wall ini cukup efektif
-pemain lawan lain tidak terjaga

3.bravery keeper
what
3 pemain membentuk pagar + kiper, posisi kiper di depan penendang dengan posisi shot stopping atau rushing
when
indirect freekick dekat dengan gawang dan direct freekick
summary
+1 pemain dapat menjaga pemain lawan dan atau melancarkan counter-attack
-kiper harus berbadan besar untuk menutup ruang

4.regular wall
2 orang membentuk pagar ditiang dekat menutup ruang tembak, kiper berjaga di tiang jauh,1 orang man mark di tiang jauh, 1 orang di open space untuk counter

Posisi Dan Cara Menjaga Gawang

Posisi Dan Cara Menjaga Gawang

Posisi Kiper:

1.Posisi Shot Stopping:

how
kaki dominan menekuk lutut, kaki yang satu menempel lantai, tangan di regangkan
when
ketika one on one, dengan rekan2 team di daerah pertahanan

2.Posisi standby:

how
kaki agak ditekuk, tangan dipaha
when
ketika lawan membangun serangan

3.Posisi determinasi:

how
kaki agak dibuka, tangan diangkat keatas melebar
when
ketika akan menerima serangan/freekick/penalty

4.posisi m :

Rendah dan lebih rendah lagi. Banyak tembakan berasal dari jarak dekat dan menyusur tanah. kiper perlu mengkover sebanyak mungkin area tersebut.

how
tangan rapat dengan kaki terdekat, kaki ditekuk
Kedua Kaki menekuk membentuk X, ke dua telapak tangan menghadap depan setara lutut, jarak antara kaki dan tangan kira2 1-10cm disesuaikan. posisi pantat naik-turun selama diserang
when
ketika menerima serangan untuk antisipasi tendangan jarak jauh bawah atau one on one
+:untuk bola atas dapat menambah daya pegas
-:luas area yang dibloking oleh badan kecil


CARA KIPER MENJAGA GAWANG:

seorang kiper futsal berbeda dengan kiper sepakbola,
disamping kontur lapangan yang relatif lkeras(standar international) area gawang yang kecil namun bola yang keras,kiper futsal memiliki permukaan yang lebih sulit untuk menjatuhkan diri. hal ini menyebabkan pemilihan tindakan kiper futsal untuk menyelamatkan gawang perlu diperhatikan.
meskipun pada aplikasi tergantung reaksi, namun jika dilatih terus menerus badan akan mengingat tindakan apa yang paling efektif dalam suatu serangan oleh lawan

1.Menepis:

when
pada saat long range shoot yang keras
how
telapak tangan membentuk angka lima rapat(jika bola keras) atau terbuka(jika bola cepat) dengan jari2 tangan ditarik kebelakang untuk membelokkan arah bola
summary
+dapat membelokan arah bola menajuh dari gawang atau ditangkap langsung
+dapat menjangkau tiang jauh
+bola futsal berat sehingga cenderung menyusur tanah
+Strikers terus berpikir bola rendah itu lebih sulit bagi penjaga gawang untuk bereaksi dengan kakinya, bukan tangannya.
-rawan cedera jari tangan
-rawan tertipu ketika bola berbelok secara tiba2
-bahaya jika lawan rebound bola karena posisi kiper tidak siap
requirement:
full gloves
position style:
standby, M

2.Meninju:

when
1.ketika perebutan diudara
2.ketika long range shoot

summary
+dapat memblok bola keras dengan sempurna ke luar lapangan
-jika kurang latihan, kepalan tangan bisa remuk
-jangkauan ke tiang jauh kurang
requirement:
fingertips or semi gloves
punch & finger training
position: standby

3.Dengan Kaki:

when
1.ketika one on one
2.ketika bola datar
how
menjulurkan kaki ke arah datangnya bola

summary
+menjangkau daerah rendah dengan cepat
-jika bola bouncing keatas tidak dapat diantisipasi
-bola tidak dikuasai dengan sempurna oleh kiper (dapat di rebound lawan)
position standby.
nb: Jika penjaga gawang berada dalam posisi yang benar pada tembakan, jauh lebih cepat untuk kiper untuk bereaksi terhadap tembakan rendah dengan kakinya

4,dengan badan & kepala/bodyblok:

how
rushing ke arah datang bola, kaki ditekuk, telapak tangan membuka, menutup ruang di pinggang.
when
one on one, situasi bola liar/musuh akan melakukan tembakan dalam area penalty

summary
+menutup ruang tembak
-kiper memerlukan waktu untuk berdiri jika rebound
position
M
requirement
mental, perut dan kepala yang tahan banting

5.low tips:

when:
ketika bola datar di tiang jauh
how
bahu yang mendarat, dimulai dari pergelangan kaki untuk menjatuhkan diri,ujung tangan menjangku bola

summary
+ dapat menjangkau daerah tiang jauh yang rendah
-kiper perlu waktu untuk rebound

6.mengamankan bola umpan tarik:

when
one on one dengan bola 50:50 dengan pemain lawan di daerah penalty
how
sama seperti diatas dengan mengarahkan bola ke arah perut

summary
+dengan mengarahkan ke perut, jika kalah cepat , perut memblok area tendangan
+bola dikontrol oleh kiper sepenuhnya
-jika rebound kiper kesulitan untuk bangkit

latihan dasar seorang kiper futsal

LATIHAN SEORANG KIPER FUTSAL

Peregangan
1.Corso Feet


How
Posisi Berdiri, salah satu kaki diangkat menempel tembok, kedua belah tangan dibelakang kepala
Lakukan pada kedua belah kaki, masing-masing 2 set
4 what
melenturkan kaki dan tangan

2.Corso Hand

How
Posisi Berdiri, Kedua kaki direggangkan, salah satu tangan menyentuh ujung kaki terdekat
Lakukan pada kedua belah tangan, masing-masing 2 set
4 what
melenturkan kaki dan tangan

3.Push up Jump

How
Posisi rebahan menghadap lantai, kaki jinjit, tangan menahan beban pada angkit lantai, kemudian bangkit dan jatuhkan badan pada lantai
4 what
melatih respon ketika berhasil memblok shot untuk segera bangkit kembali

4.corso stomach

How
Posisi rebahan menghadap langit-langit, kedua tangan di regangakan beserta kedua kaki diangkat setinggi-tingginya
4 what
melatih kelenturan

5.Fingering Push Up

how
menumpukan berat badan pada jari2 tangan
4 what
agar jari tidak mudah cedera

Inner Session
1.corso handling
How
Duduk berhadapan dengan rekan, jarak 1m-2m kedua kaki diregangkan, saling melempar dua bolah bola secara simultan kearah jangkauan rekan

2.corso handling
How
rebahan menghadap lantai, pinggang diduduki rekan, kepala menghadap kedepan, tangan posisi menerima bola dan melempar kembali

3.Jumping:


How
loncat kedepan dengan singel step dan membawa beban ditangan belakang
1.tanpa beban
2.dengan beban, beban dibuang ketika mendarat
3.dengan beban, beban dibuangh ketika mau "take off"

Advanced Session
1.Reaction
how
posisi standby didaerah dalam kiper
bola dijejerkan membentuk parabola
posisi penendang dimulai dari kiri

2.Rush
How
Posisi Kiper di garis bawang
posisi penyerang diluar daerah kiper
kiper berusaha memblok bola dari tendangan penyerang

3.One on One - shot stopping
how
Posisi kiper digaris luar daerah kiper
penyerang membawa bola dari garis tengah
kiper berusaha mengagalkan dengan tidak keluar dari daerah kiper

4.Penalty Shot
how
posisi kiper dibawah garis gawang dengan posisi standby
penyerang menendang bola di titik penalty kedua

5.Reflex
how
posisi kiper dibawah garis gawang dengan posisi standby
penyerang membelakangi kiper dengan ketika menendang bola dengan tumit

6.Reflex 2
how
gawang menghadap tembok beserta kiper
penendang menendang bola ke tembok untuk dipantulkan ke gawang

Game Session
Game Session:

1.KEEPER TOSS
how
masing2 kiper memegang bola kemudian,
kiper a mencoba melempar bola ke gawang kiper b dan sebaliknya
what
melatih teknik dan kemampuan melempar, membentuk kekuatan lengan
meningkatkan akurasi lemparan,melatih positioning.

nb:bisa ditambahkan penyerang yang hanya boleh menyundul bola

2.Perang Kiper
How
1vs 1 antar kiper
kiper dapat mencetak gol dengan cara apapun (melempar,menendang,etc)
secepat mungkin setelah mereka menyelamatkan srangan lawan.
persiapkan bola yg cukup, sehingga kiper tidak perlu mencari bola rebound terlebih dahulu
what
melatih teknik menendang dan melempar
melatih teknik penyelamatan,memotong jalur dan positioning

3.The Game
how
Pemain a memainkan bola di pinggir lapangan untuk mencetak goal pada salah satu gawang yang tersedia.kiper harus mempertahankan kedua gawang
what
meningkatkan kemampuan mengkover tiang dekat dan memotong crossing
jika kiper sering melakukan rebound , tambah penyerang

4.Diving Speed
how
3 pemain membentuk segitiga
gunakan 3 cone untuk membentuk gawang pada masing2 sisi, dg jarak 12kaki
Pemain A, B & C masing2 memegang bola.
Keeper starts di D.
Pmain A menendang bola ke arah gawang e (pelan2 aja mas), keeper dives dan mengehentikan bola, mengembalikan ke pemain A dan secepat mungkin bersiap diposisi E.
Pemain B menendang bola ke cone F, etc.
what
melatih cara jatuh yang benar

sistem mobil 4wd

Sistem Penggerak Roda

Serbuan model baru membuat konsumen harus menghadapi banyak pilihan mobil, termasuk teknologi penggerak roda yang digunakan. Bila dulu hanya ada penggerak dua roda (two-wheel drive/2WD), kini ada penggerak empat roda (four-wheel drive/4WD), All-wheel drive dan traksi kontrol. Apa bedanya?
Four-Wheel Drive (4WD) menyalurkan tenaga ke seluruh roda bila diperlukan. Dalam kondisi normal, kendaraan bergerak hanya dengan dua roda (2WD). Hal ini bisa dilakukan berkat perangkat transfer case. Perangkat ini mengunci/memadukan gardan depan maupun belakang. 4WD dilengkapi dengan low-range gear guna menerjang medan off-road seperti kubangan lumpur, bukit terjal atau jurang curam. Pengemudi harus menghentikan kendaraan atau memperlambat sebelum menggeser tuas untuk mengaktifkan/melepaskan low-range gear. Saat ini, ada banyak jenis penggerak model ini.
Tipe 4WD
Produsen-produsen mobil biasanya menggunakan nama masing-masing untuk system penggerak rodanya. Tapi pada dasarnya hanya ada empat tipe:
Part-time 4WD, tipe ini menuntut pengemudi secara manual memindahkan system dari 2WD ke 4WD dengan menggunakan tuas atau tombol. Sekarang ini, kebanyakan proses perpindahan itu dilakukan dalam kondisi berjalan (shift on the fly). Daya mesin dibagi rata 50:50 untuk roda depan dan belakang.
Dalam kondisi normal, system ini bergerak dengan 2WD. Mobil dengan part-time 4WD tidak didisain untuk menggunakan 4WD di jalan kering atau jalan raya, karena akan menyebabkan roda dan system gear cepat aus.
Yang membedakan dengan system lain adalah perangkat low-range gear yang berguna untuk menembus medan off-road terberat. Bila perangkat ini diaktifkan, mobil akan merambat pelan tapi pasti mampu menembus semua rintangan.
Kelebihan system ini: efektif menembus semua rintangan, terutama berkat low-range gear. Kekurangannya: tidak praktis, karena pengemudi harus menukar mode 4WD atau 2WD sesuai kondisi medan. Selain itu, tidak cocok digunakan di jalan aspal.
Sistem ini banyak dipakai pada pickup dan SUV seperti Chevrolet, Mazda, Nissan, Chevrolet Blazer; Jeep Cherokee, Jeep Wrangler; Mitsubishi Montero Sport; Nissan Pathfinder; Toyota 4Runner.
Selectable 4WD, sistem ini memberikan keleluasaan lebih banyak pada pengemudi untuk memilih jenis penggerak rodanya, termasuk 2WD, full-time 4WD, bahkan part-time 4WD guna memberikan traksi maksimal.
Ada yang menyarankan untuk menggunakan full-time 4WD setiap saat. Keuntungannya, pengendalian lebih stabil, sementara bahan bakar tidak terlalu boros. Central differential akan mengatur roda depan dan belakang berputar independen ketika belok. Bila menghadapi medan yang berat, center differential dapat otomatis mengunci, untuk memberikan traksi sehebat part-time 4WD.
Keuntungan system ini: efektif menembus medan lumpur, berkat center differential, juga dapat digunakan pada jalan aspal. Center differential dapat dikunci untuk menambah traksi di medan berat. Sistem ini dilengkapi pula dengan low-range gear.
Kekurangannya: center differential harus diaktifkan atau di non-aktif secara manual. Seringkali mobil masih dalam mode 2WD, justru ketika seharusnya sudah 4WD.
Sistem ini dipakai oleh: Jeep Cherokee, Grand Cherokee; Mitsubishi Montero; Acura SLX; Ford Expedition; Infiniti QX4; Isuzu Trooper.
Permanent 4WD, system ini full-time 4WDcenter differential otomatis mengunci. Jadi pengemudi tidak perlu lagi mengunci secara manual. Sistem ini berfungsi baik di jalan aspal maupun di medan lumpur.
Kelebihan system ini: kemampuan off-roadnya setara dengan part-time 4WD, namun bisa digunakan disemua medan termasuk di jalan aspal. Center differential dapat mengunci secara otomatis untuk meningkatkan traksi. Sistem ini juga memiliki low-range gear. Sayangnya, harganya lebih mahal dari system yang lain.
Mobil-mobil yang menggunakan system ini: Ford Explorer V6; Jeep Grand Cherokee; Range Rover; Lexus LX470; Mercedes-Benz ML320; Mercury Mountaineer V6; Toyota Land Cruiser.
Automatic 4WD. Sistem ini bergerak dengan 2WD, hingga system mendeteksi perlunya menggunakan 4WD. Secara otomatis daya dibagi ke roda depan dan belakang dengan perbandingan sesuai kondisi medan. Pada umumnya system otomatis bekerja bila salah satu ban slip. Yang lebih modern, menggunakan software yang dapat mengubah ke 4WD sebelum roda slip, dengan menganalisa kondisi jalanan.
All-Wheel Drive (AWD) atau full-time 4WD ; mirip 4WD tapi tidak dilengkapi low-range gear dan selalu 4WD, tidak bisa dipindah ke 2WD. Meskipun tidak setangguh 4WD, AWD cukup mampu untuk melibas jalanan pedesaan, off-road ringan dan bukit landai. Pada kenyataannya, ground clearance (jarak terendah antara mobil dan tanah) yang sering menghentikan mobil, daripada ketidakmampuan AWD.
Keuntungan AWD: mudah digunakan, dan seketika mampu menyalurkan power ke roda dengan cengkraman terbaik. Tidak merusak ban atau gear ketika digunakan di jalan aspal. Center differential bisa secara otomatis mengunci atau membuka. Sayangnya, karena tidak memiliki low-range kemampuan off roadnya tidak sehebat 4WD.
Mobil-mobil yang menggunakan system AWD: Audi Quattro; Mitsubishi Eclipse, 3000GT; Mercedes-Benz E320; Subaru; Volvo V70 ; Chrysler Town & Country; Dodge Grand Caravan; Mazda MPV; Honda CR-V; Lexus RX300.
Traksi Kontrol, lebih murah, lebih ringan dan jadi alternatif 4WD ataupun AWD. Kebanyakan dipakai mobil-mobil 2WD untuk memberikan traksi maksimal ke roda. Bila system mendeteksi salah satu roda mengalami slip, maka system otomatis memberikan daya pengereman ke roda itu. Bahkan dalam kondisi tertentu memutus samasekali aliran daya ke roda tersebut. Ini menghentikan roda yang slip dan mengirimkan daya ke roda yang masih memiliki traksi. Tapi bila seluruh roda kehilangan traksi, perangkat ini tak berguna.
Ada beberapa tipe traksi kontrol:
Limited-slip Differential, system ini menyalurkan torsi ke roda yang memiliki traksi terbaik, sekaligus mengurangi pasokan daya ke roda yang tergelincir. Sistem ini bekerja baik pada jalan lurus. Sistem yang lebih modern dapat mengirim tambahan torsi ke roda yang lebih baik traksinya, sebelum roda yang lain tergelincir. Namun bila kedua roda tergelincir, habislah sudah.
Brake System Traction Control . Sistem ini digunakan bersama ABS dan menggunakan perangkat yang sama, namun prinsip kerjanya bertolak belakang. Pada kondisi jalan licin, system akan mengerem roda yang slip. System ini bekerja baik pada saat melaju lurus ataupun di tikungan. Sistem ini tidak mahal dan cukup efektif terutama pada kecepatan rendah. Karena pada kecepatan tinggi, komponen pengerem akan bekerja keras dan cepat aus akibat gesekan dan panas tinggi. Perangkat ini terpasang pada Toyota Camry, Volvo S70 dan Volvo V70.
Untuk kecepatan tinggi, ada All system traction control yang menggunakan ABS dan komputer pengontrol mesin. Prinsip kerjanya, pada saat system pengerem bekerja, komputer mengurangi daya yang dihasilkan mesin atau memindahkan ke gigi transmisi yang lebih tinggi untuk mengurangi wheel spin. Perangkat ini terpasang pada mobil mewah seperti Mercedes-Benz S-Class dan E-Class, BMW Seri 7, Lexus LS400 dan Cadillac DeVille.
Masing-masing system punya kelebihan dan kekurangan. Sistem mana yang anda pilih, tergantung kondisi dimana mobil akan beroperasi dan berapa banyak uang di kantong. Untuk wilayah yang lebih jinak, seperti jalan pedesaan, traksi kontrol ataupun AWD bisa dipilih, meskipun AWD memberikan derajat keselamatan lebih tinggi. Untuk menembus lorong-lorong hutan, padang pasir, jalan berkerikil, AWD cukup efisien. Untuk medan yang lebih ganas, giliran 4WD beraksi.